Selasa, 12 Oktober 2010

Perbandingan Keyboard Qwerty dan Keyboard POS pada Mesin Kasir Komputer


Sering kita jumpai bahkan mengalami transaksi di suatu Gerai atau Toko dan Supermarket, waktu kita transaksi dengan menggunakan kartu debit atau kartu kredit setelah kartu kita di gesek ke mesin EDC Bank, kartu di gesekan ke slot yang ada di keyboard untuk pengambilan data kartu kredit kita sebagai verifikasi pada ritel tersebut, sebetulnya proses ini hanya untuk internal ritel itu, tidak ada hubungannya dengan transaksi kita ke bank penerbit kartu yang bersangkutan.
Sebetulnya bukan ini sub bahasan kita, melainkan mengarah pada jenis keyboard yang digunakan secara khusus untuk sebuah mesin kasir/ komputer kasir yang biasanya sudah ada MCR nya (Magnetic Card Reader). Keyboard POS (Point of  Sale) umumnya memiliki tombol (button) yang bisa di mapping fungsinya, dan umumnya tidak berformat Qwerty sebagaimana keyboard pada umumnya walaupun ada juga POS Keyboard yang berformat Qwerty.
Salah Satu Contoh POS Keyboard
Contoh Lain Tipe POS Keyboard
Sebetulnya maksud dari POS Keyboard bisa di maaping fungsinya agar user (Kasir) bisa lebih fokus untuk hal hal yang hanya berhubungan dengan fungsi kasir (transaksi penjualan) saja dan lebih memudahkan inisialisasi tiap tiap tombol bahkan untuk aplikasi di restoran model tombol tombolnya bisa dijadikan sebagai tombol item menu terutama yang fast moving (Semacam shorthcut atau speed button). Fungsi lainnya berhubungan dengan keamanan transaksi atau security system. Oleh karenanya POS Keyboard dilengkapi dengan kunci pengaman yang bisa di set berdasarkan authorisasi pengguna yang di bisa di integrasikan ke id user.
Dari Sisi Kehandalan memang desain POS Keyboard lebih kuat karena di desain secara khusus untuk transaksi yang berat dan sering, tidak seperti keyboard PC Qwerty pada umumnya.
Pc Qwerty Keyboard
Kelebihan menggunakan PC Keyboard biasa dibandingkan dengan POS Keyboard salah satunya yaitu di fungsi pencarian barang berdasarkan nama (Kata Kunci Nama) Browsing akan lebih mudah dengan menggunakan format abjad secara lengkap. Namun kelemahannya adalah dari sisi security kurang safe, karena masih dimungkinkan beberapa fungsi tombol tombol tertentu yang memungkinkan untuk keluar dari program utama seperti tombol windows, juga fungsi Control+Alt+Del juga escape.
Jadi Intinya tergantung dari pertimbangan-pertimbangan Anda dalam menimbang faktor faktor diatas akan lebih memudahkan atau sisi keamanan yang dijadikan faktor utama pemilihan keyboard bagi Komputer Kasir Anda.
Namun saya baru baru ini melihat salah satu dari ritel  hipermarket terkemuka di Indonesia yang sebelumnya di salah satu outletnya menggunakan POS Keyboard baru baru ini diganti semua dengan memakai PC Qwerty Keyboard biasa, saya sendiri tidak tahu faktor apa yang merubah pengelolanya untuk merubah itu. Padahal seperti kita ketahui bersama harga sebuah POS Keyboard tidaklah murah. (Tim Mesin Kasir Online)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar